20 Miliarder Muda Asal China, Ada yang Masih 27 Tahun

Nontonberita.com – Para miliarder muda China berhasil mengumpulkan kekayaan lebih dari USD 223 miliar pada tahun ini. Membuat China menjadi negara yang mempunyai pertumbuhan akumulasi kekayaan tercepat, bahkan saat dilanda periode krisis ekonomi terburuk di dekade ini.

China sekarang mempunyai total 60 miliarder di bawah umur 40 tahun, menurut laporan Hurun rich List yang dirilis minggu lalu.

Sebanyak 14 diantaranya baru masuk menjadi daftar miliarder pada tahun 2020, saat perkembangan perusahaan teknologi menopang pasar saham dan tingginya nilai IPO membuah jalur kekayaan terbuka di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Sekarang, negeri ini menjadi rumah bagi 878 miliarder dengan kumulasi kekayaan lebih dari USD 4 triliun. Satu dekade lalu di tahun 2010, China hanya memiliki total 189 miliarder.

“Dunia tidak pernah melihat begitu banyak pertumbuhan kekayaan hanya dalam satu tahun. Pertumbuhan entrepreneur China terus berkembang jauh lebih baik dari apa yang diperkirakan, walaupun infeksi Covid-19 dinilai masih cukup tinggi,” jelas Rupert Hoogerwerf yang merupakan Kepala sekaligus Ketua Riset Hurun, seperti melansir CNBC, Jumat (28/10/2020).

Sekarang di tahunnya yang ke-22, daftar peringkat tahunan Hurun mencari untuk memberikan “Potret Kekayaan” dari negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia ini.

Daftar peringkat ini pun, fokus kepada kedua hal yaitu, individu yang lahir dan besar di negeri China dan juga yang lahir diluar negara itu tapi pernah tinggal di negeri bambu tersebut.

Berikut ini adalah 20 miliarder muda China di bawah umur 40 tahun:

1. Huin Yang dan Keluarga

Umur: 39 tahun

Sumber kekayaan: Country Garden

Total Kekayaan: USD 33,1 miliar

Sekali lagi menjadi pemimpin peringkat untuk tahun ini, adalah perempuan berumur 39 tahu, Huin Yang dan keluarganya. Huin Yang selama ini juga dikenal sebagai perempuan paling kaya di Asia.

Yang sendiri sekarang memiliki mayoritas saham dari Country Garden, yang merupakan perusahaan pengembang properti. Perusahaan ini didirikan ayahnya, Guoqiang Yang, di Guandong pada tahun 1992.

Walaupun pertumbuhan kekayaannya meningkat 29 persen beberapa tahun kebelakangan ini, tetapi posisi Yang sendiri di daftar orang terkaya di Cina tahun 2020, turun menjadi peringkat nomor 6.

2. Zetian Zhang

Umur: 27 tahun

Sumber Kekayaan: JD.com

Total Kekayaan: USD 23,5 miliar

Zetian Zhang, 27 tahun dan suaminya, Qiangdong, 41 tahun, keduanya melihat akumulasi kekayaan mereka berdua melonjak sebanyak 111 persen menjadi USD 23,5 miliar di tahun 2020.

Faktor penyumbang terbesar adalah akibat dari perkembangan pesat perusahaan E-Commerce JD.com milik Liu. Zhang sendiri merupakan seorang investor yang juga bekerja sebagai ketua penasihat fashion dari bisnis JD Luxury.

Di umur 24 tahun, dirinya menjadi miliader perempuan termuda setelah pernikahannya dengan Liu di tahun 2005.

3. Hao Yan

Umur: 34 tahun

Sumber Kekayaan: Pacific Construction Group

Total Kekayaan: USD 21,3 miliar

Hao Yan, 34 tahun merupakan kepala dari perusahaan Pacific Construction Group yang berpusat di Xinjiang. Perusahaan ini sendiri didirikan oleh ayahnya JieHe Yan di tahun 1986.

4. Yiming Zhang

Umur: 37 Tahun

Sumber Kekayaan: ByteDance

Total Kekayaan: USD 16,2 miliar

Yiming Zhang yang saat ini berumur 37 tahun, merupakan co-founder sekaligus CEO dari ByteDance. BytheDance sendiri merupakan perusahaan internet yang mempunyai aplikasi berbagi video TikTok.

TikTok sendiri menjadi aplikasi unggulan banyak pihakbahkan untuk di luar China sekaligus. Aplikasi ini juga menjadi media sosial yang paling diminati oleh remaja Amerika Serikat.

Walaupun demikian, perkembangannya yang cepat, membuat keresahan akan keamanan nasional dari pihak Amerika Serikat sendiri.

5. Bangxin Zhang

Umur: 39 Tahun

Sumber kekayaan: TAL Education

Total Kekayaan: USD 14 miliar

Dengan jumlah kekayaan USD 14 miliar, Bangxin Zhang merupakan co-founder sekaligus kepala dari perusahaan tutoring TAL Education, yang berpusat di Beijing.

Didirikan pada tahun 2003, perusahaan ini menjadi saham publik di New York Stock Exchange pada tahun 2010, dan sudah menikmati pertumbuhandi periode 2020 akibat banyaknya orang melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.

6. Gang Zhang dan Keluarga

Umur: 39 Tahun

Sumber Kekayaan: Xinfalyudian

Total Kekayaan: USD 8,8 miliar

Gang Zhang yang berusia 39 tahun, yang merupakan pemilik dari perusahaan alumunium Xinfalyudian, memiliki total kekayaan sekitar USD 8,8 miliar.

Tahun lalu, dirinya menikmati perkembangan kekayaannya sebanyak 100 persen dan lompat menjadi urutan 32 pada daftar orang terkaya.

7. Xiaosong Wang

Umur: 33 Tahun

Sumber Kekayaan: Seazen

Total Kekayaan: USD 8,8 miliar

Pria berumur 33 tahun ini, merupakan kepala dan presiden dari perusahaan perumahaan, Seazen. Wang berbagi harta kekayaan dengan ayahnya, Zhenhua, 58 tahun,yang digantikanya di tahun 2019 karena atas tuduhan pelecehan seksual.

8. Qun Wu

Tahun:  32 Tahun

Sumber kekayaan: Yuwell

Total Kekayaan: USD 5,2 miliar

Qun Wu yang sekarang berumur 32 tahun, merupakan anak dari Guangming Wu, seorang pendiri sekaligus kepala dariperusahaan produsen alat medis, Yuwell. Keduanya mempunyai kekayaan USD 5,2 miliar, meningkat 50 persen dari tahun lalu.

9. Gang Ye

Umur: 39 Tahun

Sumber kekayaan: Sea

Total Kekayaan: USD4,9 miliar

Pendatang baru dari daftar ini, Gang Ye yang mencari penghasilannya di Singapura, merupakan salah satu co-founder dari perusahaan internetSea.

Sebagai developer dari game mobile populer seperti Free Fire, Sea menikmati keuntungan dengan peminatan gaming di kala kebijakan lockdown di banyak negara tahun ini.

10. Hua Su

Umur: 38 Tahun

Sumber Kekayaan: Kuaishou

Total Kekayaan: USD 3,8 miliar

Entrpreneur China, Hua Su mendirikan Kuashio awalnya sebagai aplikasi pembuat GIF. Tapi pada tahun 2011, aplikasi tersebut berubah menjadi media sosial berbagi video yang dimana mayoritas penggunannya berasal dari China. Sebelum mendirikan perusahaan, Hua Su pernah bekerja sebagai programer di Google dan mesin pencari dari China, Baidu.

11. Men Yang (38 Tahun) dan Li He (36 Tahun)

Sumber Kekayaan: Anker

Total Kekayaan: USD 3,7 miliar

Pendatang baru lainnya untuk di daftar ini ditempati oleh Men Yang dan Li He yang mempunyai total kekayaan USD 3,7 miliar untuk tahun ini sendiri.

Anker sendiri merupakan perusahaan elektronik, yang kerap kali membuat charger untuk produk Apple. Perusahaan ini pun melihat peningkatan dua kali lipat terhadap nilai valuasinya, setelah sahamnya menjadi publik pertama kali di bulan Agustus ini. Total nilai valuasi mencapai, USD 8 miliar.

12. Xiang Li

Umur: 39 Tahun

Sumber Kekayaan: Li Auto

Total Kekayaan: USD 3,5 miliar

Sering dikenal sebagai “Elon Musk dari China” Xiang Li yang sekarang berumur 39 tahun, merupakan pendiri dari perusahaan produsen kendaraan listrik, Li Auto.

Didirikan pada 5 tahun lalu, perusahaan yang berpusat di Beijing tersebut, pertama kali go-public di Nasdaq pada Juli 2020. Dengan nilaivaluasi USD 10 miliar, membuat Li menjadi seorang miliader.

13. Liang Zhang

Umur: 38 Tahun

Sumber Kekayaan: R&F

Total Kekayaan: USD 3,45 miliar

Liang Zang berumur 38 tahun, merupakan anak dari Li Zhang yang merupakan pendiri dan wakil dari developer R&F. Total kekayaan merekaberdua saat ini sudah lebih dari USD 3,4 miliar

14. Tinshi Chen

Umur: 35 Tahun

Sumber Kekayaan: Cambricon Technologies

Total Kekayaan: USD 3,1 miliar

Pendatang baru untuk daftar ini, Tianshi Chen yang berumur 35 tahun ini, merupakan co-founder dan CEO dari perusahaan chip Cambricon Technologies.

Didirikan pada tahun 2006, perusahaan kecerdesan artifisial ini membuat teknologi yang sudah dipakai lebih dari 100 juta smartphone.

15. Yixiao Cheng

Umur:  35 Tahun

Sumber Kekayaan: Kuaishou

Total Kekayaan: USD 3,1 miliar

Pendatang baru lain, Yixiao Chen yang berumur 35 tahun, merupakan co-founder dari platform berbagi video pendek, Kuaishou.

Chen mengawali karirnya sebagai software engineer di HP. Sekarang dirinya mempunyai harta kekayaan lebih dari USD 3 miliar.

16. Yifeng Wang

Umur: 36 Tahun

Sumber Kekayaan: Zheijang Century Huatong Group

Total Kekayaan: USD 3,1 miliar

Yifeng Wang yang berumur 36 tahun, dan ayahnya Miaotong, merupakan kepala sekaligus wakil dari perusahaan otomotif Zheijang Century Huatong Group.

Baru belakangan ini bergerak ke arah industri games, Wang dan Miaotong menikmati peningkatan kekayaan sebesar 83 persen pada tahun lalu.

17. Wei Cheng

Umur: 37 Tahun

Sumber Kekayaan: DiDi

Total Kekayaan: USD 2,8 miliar

Wei Chen yang sekarang berumur 37 tahun, merupakan pendiri sekaligus CEO dari perusahaan transportasi DiDi. Dirinya pernah menghabiskan 8 tahun untuk bekerja di perusahaan e-commerce raksasa, Alibaba Grup, sampai akhirnya memutuskan untuk membentuk DiDi pada tahun 2012.

Sekarang, perusahaanya tersebut menjadi salah satu perusahaan start-up dengan valuasi miliaran, dan kekayaan Cheng pun mencapai USD 2,8 miliar

18. Guo Yuan Peng

Umur: 34 Tahun

Sumber Kekayaan: NWY

Total Kekayaan: USD 2,6 miliar

Guo Yuan Peng merupakan ketua dari grup edukasi NWY, yang mempunyai nilai lebih dari USD 2,6 miliar, meningkat 20 persen dari tahun 2019.

19. Zheng Cao

Umur: 37 Tahun

Sumber Kekayaan: Hangke Technology

Total Kekayaan: USD 2,5 miliar

Zheng Cao merupakan wakil presiden dari perusahaan Zheijian Hanke Technology. Hanke Technology sendiri merupakan perusahaan produsen baterai litium yang didirikan oleh ayahnya, Ji Cao. Zheng cao dan Ji Cao sendiri sekarang mempunyai harta kekayaan lebih dari USD 2,5 miliar

20. Yan Wu

Umur: 39 Tahun

Sumber Kekayaan: Hakim Unique

Total Kekayaan: USD 2,5 miliar

Yan Wu, 39 tahun dan suaminya Qicheng Wang, merupakan co-founder dari Hakim Unique. Hakim Unique sendiri merupakan perusahaan internet, media dan developer perumahaan. Bersama-sama, mereka mempunyai pendapatan sekitar USD 2,5 miliar.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com