UEA Keluarkan Panduan Puasa dan Ibadah Ramadan Saat Pandemi Corona COVID-19

Nontonberita.comUEA Keluarkan Panduan Puasa dan Ibadah Ramadan Saat Pandemi Corona COVID-19 – Menjelang bulan suci Ramadhan, Uni Emirat Arab telah mengeluarkan panduan puasa dan beribadah untuk warga mereka, termasuk para petugas medis dan pekerja garis depan lainnya yang tengah berjuang selama pandemi Virus Corona Covid-19.

UEA Keluarkan Panduan Puasa dan Ibadah Ramadan Saat Pandemi Corona COVID-19
UEA Keluarkan Panduan Puasa dan Ibadah Ramadan Saat Pandemi Corona COVID-19

Dewan Uni Emirat Arab untuk Fatwa mengatakan, umat muslim yang memiliki gejala Virus Corona Covid-19 mungkin dapat memilih untuk tidak berpuasa selama bulan suci Ramadhan.

Dewan Fatwa tersebut mengeluarkan panduan untuk puasa dan shalat pada bulan suci Ramadhan, yang kini akan berlangsung di tengah pandemi Virus Corona Covid-19.

UEA Keluarkan Panduan Puasa dan Ibadah Ramadan Saat Pandemi Corona COVID-19

Rangkaian Fatwa

Dewan Uni Emirat Arab untuk fatwa mengatakan bahwa jika seseorang telah diberikan saran oleh dokter untuk tidak berpuasa karena alasan daya tahan tubuhnya, maka orang tersebut memiliki hak untuk tidak berpuasa selama bulan suci Ramadhan.

Selama hari kerja, pekerja kesehatan atau medis juga dikatakan memiliki hak islami untuk memilih tidak berpuasa.

Fatwa lain juga dikeluarkan oleh Dewan Fatwa tersebut, yang menyampaikan bahwa umat islam dapat melakukan ibadah shalat tarawih di rumah, baik secara individu maupun dengan orang lain yang tinggal di rumah yang sama dengan mereka. Kegiatan ibadah di rumah itupun termasuk dengan membaca kitab suci Al-Quran sambil berdoa.

Fatwa ketiga adalah mengenai ibadah shalat Idul Fitri yang juga dapat dilakukan di rumah, kata Dewan Fatwa itu, seraya menambahkan dengan adanya larangan untuk pertemuan.

Selanjutnya, Dewan Fatwa itu menjelaskan bahwa ibadah shalat Jumat tidak dapat dilakukan di rumah dan orang-orang harus melakukan ibadah shalat dzuhur secara normal sebagai gantinya.

Selain itu, pembayaran zakat dapat dibayarkan lebih awal dalam keadaan seperti ini, kata Dewan Fatwa tersebut, serta Zakat Al Fitr, untuk membantu orang-orang dalam situasi sulit seperti saat ini.

BACA JUGA :
Perawat Keluhkan Pasien Corona yang Tak Jujur saat Berobat

5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Saat Puasa dan 5 Cara Mengolahnya

IDI: 80 Tenaga Medis Terpapar Corona Covid-19 dan 24 Meninggal

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com