Fakta Baru Radioaktif di Tangsel, 2 Warga Terpapar hingga Tingkat Radiasi Menurun

Fakta Baru Radioaktif di Tangsel, 2 Warga Terpapar hingga Tingkat Radiasi Menurun

Nontonberita.com – Fakta Baru Radioaktif di Tangsel, 2 Warga Terpapar hingga Tingkat Radiasi Menurun –

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir (Batan) hingga kini terus berpacu dengan waktu membersihkan area lahan kosong di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan yang terpapar radioaktif.

Terhitung hari ini, Sabtu (22/2/2020), mereka masih punya 10 hari lagi dari waktu 20 hari yang ditetapkan agar lahan kosong tersebut benar-benar bersih dari paparan radiasi.

Fakta Baru Radioaktif di Tangsel, 2 Warga Terpapar hingga Tingkat Radiasi Menurun
Fakta Baru Radioaktif di Tangsel, 2 Warga Terpapar hingga Tingkat Radiasi Menurun

 

Dari hasil uji laboratorim yang dilakukan, jenis zat radioaktif yang sempat membuat warga Batan khawatir adalah Cesium-137. Menurut Bapeten, radioaktif jenis ini biasa digunakan di bidang industri, seperti pengolahan baja.Belakangan diketahui, dua warga Batan terpapar radioaktif jenis ini.

Sebelumnya sempat mencuat isu jika munculnya zat radioaktif ini akibat adanya kebocoran reaktor dari fasilitas milik Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Hal ini dibantah oleh Bapeten.

“Ada beberapa isu yang berkembang, kalau zat radioaktif ini muncul akibat adanya kebocoran reaktor. Dan di sini kita tegaskan, tidak ada kebocoran,” kata Kepala Biro Hukum Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, Sabtu, 15 Februari 2020.

Indra menduga ada yang membuang barang tersebut ke tanah kosong yang ada di Perumahan Batan Indah.

saat ini tim khusus elah dibentuk polisi untuk mengetahui siapa pembuang limbah radioaktif di area permukiman warga Tangerang Selatan.

Berikut ini sederet fakta terbaru dari ceceran limbah radioaktif di Tangsel:

2 Warga Terpapar Radioaktif

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan, terdapat dua orang dari sembilan warga Perumahan Batan Indah yang melakukan whole body counting (WBC) terpapar radioaktif jenis cesium atau Cs 137. Namun, paparan berdosis sangat kecil.

“Ada dua yang terindikasi atau yang terukur kontaminasi cesium 137, tapi tingkatnya ternyata sangat rendah,” ujar Sekretaris Umum Bapeten Hendriyanto Hadi Tjahyono di Kantor Pemkot Tangsel, Jumat, 21 Februari kemarin.

Dosis paparan radioaktif yang masuk di dalam tubuh kedua warga tersebut yakni 0.12 milisivert. Sementara, batas dosis yang diijinkan sesuai dengan aturan yang berlaku adalah 1 milisivert.

“Itu berarti dosis yang terserap dalam kedua tubuh orang tersebut, hanya persepuluh dan ini kalau dihitung, dikalkulasikan sekitar 0.05 dari batas dosis, masih di bawah batas normal,” kata Hendri.

Dengan temuan ini, dia mengklaim, tidak ada dampak radioaktif ataupun dampak medis yang harus dikhawatirkan oleh warga.

 

 

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *