Rupiah Salah Satu yang Terbaik di Asia

Rupiah Salah Satu yang Terbaik di Asia Bank Indonesia

nontonberita.com – Rupiah Salah Satu yang Terbaik di Asia Bank Indonesia – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebutkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang menguat pada penutupan 2019 di angka 13.880 per dolar AS menjadi salah satu yang terbaik di Asia.

“Itu merupakan nilai tukar yang terbaik kalau di Asia tentu saja di bawah Thailand tapi hampir sama dengan Filipina katanya di Kantor Bank Indonesia, seperti dikutip dari Antara Jumat (3/1/2019).

Perry mengatakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah yang menguat tersebut mendapat apresiasi sebesar 2,68 persen sehingga mengindikasikan adanya stabilitas eksternal.

Rupiah Salah Satu yang Terbaik di Asia
Rupiah Salah Satu yang Terbaik di Asia –

Stabilitas eksternal terlihat dalam pergerakan nilai tukar rupiah kita sepanjang 2019. Itu mengalami apresiasi cukup besar ujarnya.

Rupiah Salah Satu yang Terbaik di Asia Bank Indonesia –

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan di pekan pertama 2020.

Mengutip Bloomberg, Jumat (3/1/2020), rupiah dibuka di angka 13,885 per dolar AS, menguat tipis dibandingkan penutupan perdagangan kemarin yang ada di angka 13,893 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.882 per dolar AS hingga 13.910 per dolar AS. Hingga pukul 10.22 WIB, rupiah bertengger di 13.910 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.899 per dolar AS, melemah jika dibandingkan penutupan perdagangan 2 Januari 2020 yang ada di angka 13.895 per dolar AS.

Menurut Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan berpeluang kembali menguat setelah terkoreksi di perdagangan awal tahun.

Cadangan Devisa

Ia merinci aliran modal asing itu terdiri dari obligasi pemerintah atau Surat Berharga Negara (SBN) Rp 168,6 triliun pasar saham Rp 50 triliun obligasi koorporasi Rp 3 triliun, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) Rp 2,6 triliun.

Dari eksternal, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menyatakan akan menandatangani kesepakatan perdagangan fase pertama dengan China pada 15 Januari 2020. Trump menyatakan seremoni penandatanganan kesepakatan tersebut akan dilakukan di Gedung Putih.

Setelah penandatangan, Trump berencana akan melakukan kunjungan ke China untuk melanjutkan pembicaraan mengenai kesepakatan fase kedua.

Kendati demikian, sejauh ini China belum memberikan konfirmasi mengenai tanggal tersebut dan belum merilis pernyataan apa pun tentang penandatanganan tersebut.

Dari domestik, inflasi secara keseluruhan pada akhir tahun 2019 tercatat 2,72 persen, lebih rendah dari 2018 yang mencapai 3,13 persen.

Ini adalah terendah selama 20 tahun terakhir bahkan lebih rendah dari perkiraan BI. Inflasi pada 1999 setelah krisis Asia krisis Indonesia yang waktu itu kurang lebih 1,9 persen katanya.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *