Dewan Pengawas KPK Akan Lihat Kasus per Kasus soal Izin Penyadapan

Nontonberita.com – Dewan Pengawas KPK Akan Lihat Kasus per Kasus soal Izin Penyadapan –

Anggota Dewan Pengawas KPK Harjono mengatakan, tidak akan mengobral izin penyadapan kepada pimpinan lembaga antirasuah. Menurut dia, izin penyadapan nantinya akan dilihat sesuai kebutuhan di setiap perkara.

“Itu kan nanti dalam pandangan saya, dilihat case per case, kasus per kasus. Memang tugas kita kan salah satu di antaranya adalah jangan sampai kemudian obral penyadapan,” kata Harjono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

Pelantikan Dewan Pengawas dan Pimpinan KPK 2019-2023
Pelantikan Dewan Pengawas dan Pimpinan KPK 2019-2023

 

Salah satu fungsi dewan pengawas sebagaimana diatur dalam Pasal 37 UU Nomor 19 tahun 2019 tentang KPK yaitu, memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan. Meski begitu, Harjono memastikan bahwa izin penyadapan ini bukan berarti dewan pengawas melakukan intervensi terhadap suatu kasus.

Case per case. Tergantung kasusnya. Tidak dalam arti di situ kemudian karena kasus itu ada sesuatu yang intervensi, Presiden sudah bilang enggak akan ada intervensi apa-apa,” jelas mantan hakim Mahkamah Konstitusi ini.

Anggota Dewan Pengawas lainnya, Artidjo Alkostar tak mau berkomentar banyak banyak terkait teknis pemberian izin penyadapan. Mantan Hakim Agung itu menegaskan pemberian izin penyadapan nantinya akan mengikuti prosedur dalam undang-undang yang berlaku.

“Ukurannya nanti, ya kemasuk akalan, wajar, ada bukti tertentu yang cukup. Ya standar koridor hukum sudah jelas,” ucap Artidjo.

Sementara itu, Albertina Ho meyakini penyadapan harus izin dewan pengawas tak akan menganggu kerja KPK dalam memberantas korupsi.

Dia lantas menceritakan pengalamannya menjadi wakil ketua pengadilan, di mana tak mempersulit izin peggeledahan dan penyitaan.

“Selama ini juga penggeledahan, penyitaan, izin pengadilan juga nggak masalah. Iya, to? Enggak ada masalah. Saya kan pernah jadi ketua pengadilan. Izin-izin tetap berjalan dengan lancar, biasa. Enggak ada masalah,” tutur anggota dewan pengawas KPK itu.

Dua pelantikan penting digelar berturut-turut di Istana Negara, Jakarta, Jumat 20 Desember 2019 mulai pukul 14.30 WIB. Pelantikan pimpinan  KPK dan Dewan Pengawas lembaga antirasuah periode 2019-2023.

Pertama kali Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Dewan Pengawas KPK. Setelah itu, pelantikan pimpinan KPK digelar di ruangan yang sama di Istana Negara.

Lima pimpinan lama KPK pun turut menghadiri pelantikan tersebut di Istana Negara. Pelantikan pimpinan KPK dan Dewan Pengawas juga disaksikan para menteri kabinet dan pimpinan lembaga negara.

Siapa saja tokoh yang ditunjuk dan dilantik sebagai Dewan Pengawas KPK? Bagaimana profil singkat dan jumlah harta kekayaan mereka? Simak dalam Infografis berikut ini:

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com