Ingin Batasi Akses Aplikasi di Android? Trik Ini Patut Dicoba

nontonberita.com – Ingin Batasi Akses Aplikasi di Android? Trik Ini Patut Dicoba – Ribuan aplikasi Android baru dengan berbagai judul dan fungsinya dapat dipastikan muncul di Play Store setiap bulannya.

Tergantung pada jenis aplikasinya, dia mungkin akan meminta akses ke bagian-bagian tertentu dari smartphone kamu, entah itu, nomor kontak, kamera, mikrofon, GPS, data, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan akses ke hal-hal tersebut di smartphone, aplikasi yang diinstal pertama kali akan butuh permissions (izin)

Ingin Batasi Akses Aplikasi di Android? Trik Ini Patut Dicoba
Ingin Batasi Akses Aplikasi di Android? Trik Ini Patut Dicoba –

Biasanya, beberapa aplikasi “nakal” seringkali meminta permissions ke fitur atau bagian yang tidak seharusnya mereka bisa akses.

Ingin Batasi Akses Aplikasi di Android? Trik Ini Patut Dicoba

Berdasarkan hal tersebut, apa yang harus kamu lakukan bilamana suatu hari ingin membatasi aplikasi mengakses fitur tertentu di smartphone?

Dikutip dari laman Ubergizmo, Jumat (19/12/2019), berikut ini adalah cara mudah untuk membatasi akses aplikasi Android di smartphone.

Masing-Masing Perangkat Android Berbeda

Tergantung dari smartphone Android yang digunakan, terkadang tata letak pengaturan di ponsel pintar berbeda-beda. Tapi secara umum, mereka ada di menu Settings.

1. Buka aplikasi Settings

2. Cari menu Apps > Permissions

3. Pilih aplikasi yang ingin kamu ubah akesesnya

4. Lanjutkan dengan memilih fitur-fitur apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi tersebut, entah itu kamera, GPS, dan yang lainnya

5. Ulangi proses di atas bilamana kamu ingin mengubah akses aplikasi lainnya di perangkat Android.

Perlu diingat, terkadang mengubah akses dapat menyebabkan aplikasi tidak berfungsi dengan baik atau force close.

Ambil contoh Instagram. Bila tidak memberikan aplikasi ini akses ke fitur kamera dan foto galeri, kamu tidak akan bisa menggunakannya hingga mendapatkan izin akses ke fitur terkait.

Lainnya adalah bila ada aplikasi kalkulator yang meminta akses ke fitur GPS, foto, atau kontak yang tersimpan di smartphone.

Bila menemui hal seperti ini, maka ada baiknya kamu harus mencurigai aplikasi tersebut bermasalah atau tidak dapat dipercaya.

Toh buat apa aplikasi kalkulator butuh tahu lokasi kamu berada. Selamat mencoba ya sobat

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com