5 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil dan Cara Aman Melakukannya

5 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil dan Cara Aman Melakukannya

Nontonberita.com – 5 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil dan Cara Aman Melakukannya – Ada berbagai macam cara ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan janinnya. Salah satu caranya dengan berolahraga secara rutin. Olahraga yang bisa dilakukan dan aman untuk ibu hamil adalah berenang.

Tentunya, untuk berenang di usia kehamilan perlu disesuaikan dengan kondisi kehamilan masing-masing individu. Apabila dokter kandungan mengatakan bahwa boleh melakukan renang, maka ibu hamil bisa melakukannya.

Pasalnya ada banyak manfaat berenang untuk ibu hamil yang bisa dirasakan, baik untuk ibu hamil dan janin yang sedang dikandung. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber manfaat berenang untuk ibu hamil dan cara aman melakukannya, Jumat (8/1//2019).

Ibu hamil kerap kali mengeluhkan kaki takut bengkak pada masa kehamilan. Biasanya kaki bengkak pada ibu hamil terjadi pada akhir trimester kedua atau awal trimester ketiga.

Kondisi ini disebabkan akibat terjadinya penumpukan volume cairan tubuh yang bertambah dan sirkulasi darah kurang lancar. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa berenang.

5 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil dan Cara Aman Melakukannya
5 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil dan Cara Aman Melakukannya
5 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil dan Cara Aman Melakukannya

Berenang saat hamil mampu membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan membantu mengurangi bengkak pada kaki ibu hamil.

Untuk mengontrol berat badan agar tidak naik berlebihan selama kehamilan, Anda bisa berenang. Berenang merupakan salah satu olahraga pilihan untuk menurunkan berat badan.

Saat berenang, tubuh dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam durasi 60 menit, Anda dapat membakar sekitar 500 – 700 kalori.

Berenang memiliki banyak gerakan. Gerakan yang dilakukan saat berenang ini melibatkan kontraksi otot-otot hampir di seluruh bagian tubuh.

Dengan begitu, berenang dapat melatih otot-otot tubuh menjadi lebih kuat, termasuk otot yang berperan saat persalinan nanti.

Berenang termasuk ke dalam olahraga aerobik yang memiliki banyak manfaat. Manfaat berenang salah satunya untuk menguatkan otot jantung, sehingga lebih baik dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Manfaat berenang untuk ibu hamil ini juga bisa dirasakan. Di mana mampu membuat sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar, termasuk ke janin. Sirkulasi darah yang lancar berguna untuk menyuplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan bagi perkembangan janin.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *