Sofyan Basir Divonis Bebas, Ini Komentar Istana

Sofyan Basir Divonis Bebas, Ini Komentar Istana

nontonberita.com –  Sofyan Basir Divonis Bebas, Ini Komentar Istana – Pihak Istana mengaku menghormati putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor yang memvonis bebas mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir. Sofyan sebelumnya terseret kasus suap PLTU Riau-1.

Sofyan Basir Divonis Bebas, Ini Komentar Istana
Sofyan Basir Divonis Bebas, Ini Komentar Istana

“Kita menghormati putusan dari pengadilan tingkat pertama,” ujar juru bicara presiden Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Fadjroel memastikan bahwa pemerintah akan selalu menghormati semua proses hukum .

“Mungkin kalau KPK akan maju kasasi, tetap kita hormati. Pada intinya pemerintah menghormati semua peraturan perundang-undangan, dan semua proses yang mengikutinya,” jelas dia.

Sofyan Basir Divonis Bebas, Ini Komentar Istana

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta memvonis bebas mantan Dirut PT PLN Sofyan Basir atas perkara dugaan pembantuan kesepakatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Riau-1 (PLTU MT Riau-1).

Atas putusan tersebut, Majelis Hakim memerintahkan Sofyan Basir dikeluarkan dari tahanan KPK. Majelis Hakim juga memerintahkan untuk memulihkan hak-hak Sofyan dalam kemampuan, harkat serta martabatnya.

Majelis hakim pun memerintahkan jaksa penuntut KPK untuk membuka blokir rekening atas nama Sofyan Basir dan keluarga atau pihak lain yang terkait dengan perkara ini.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memvonis bebas Sofyan Basir karena dinyatakan tidak terbukti bersalah dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1.

Pantauan di lapangan, Sofyan Basir keluar dari rutan pada pukul 17.55 WIB. Ia mengenakan kemeja biru garis dipadu celana bahan hitam. Keluarga, penasihat hukum, kerabat serta sahabat-sahabat menyambut kebebasan Sofyan Basir di depan pagar.

Sofyan dengan wajah yang semringah menyalami satu persatu tamu yang menunggu sejak tadi. Sofyan juga beberapa kali melambaikan tangan ke arah kamera awak media.

Usai keluar dari pagar, Sofyan tak henti-hetinya menyampaikan ucapan syukur.

“Terimakasih ya, Alhamdulilah semuanya sudah selesai,” kata Sofyan Basir.

Dia mengaku saat ini akan menghabiskan hari-hari bersama keluarga. “Saya mau istirahat di rumah,” ucap dia.

Sofyan pun langsung meninggalkan Rutan KPK. Ia menumpangi mobil Alphard hitam. Dia duduk di bagian belakang.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *