Satu Batalyon Kepung Kediaman Miliarder yang Diduga Agen Rusia

Satu Batalyon Kepung Kediaman Miliarder yang Diduga Agen Rusia

NontonBerita.Com Satu Batalyon dikirim ke sebuah pulau untuk mengepung dan meringkus seorang miliarder terduga agen Rusia. Kejadian terjadi pada akhir September karena dugaan pencucian uang, namun informasi terkini mengindikasikan sang miliarder diringkus karena merupakan agen Rusia.

Dilansir dari Business Insider, miliarder tersebut adalah Pavel Melnikov yang tinggal di pulau kecil yang mewah. Pada pulau tersebut terdapat sauna yang menghadap laut, dan berbagai kemewahan lainnya.

Tak hanya tempat sauna, di pulau Melkinov terdapat helipad, sembilan dermaga, kolam renang yang dikamuflasi, dan unit perumahan yang dilengkapi piring satelit, dan cukup untuk menempatkan pasukan kecil. Operasi peringkusan pun dilakukan pada September lalu dengan melibatkan Pasukan Pertahanan Finlandia.

Kala itu, peringkusan disebut akibat adanya pencucian uang dan penghindaran pajak. Namun, publik curiga atas niatan sebenarnya, sebab pasukan yang dikerahkan begitu kuat.

Mengutip News.com.au, Batalyon yang dikerahkan terdiri dari 100 pasukan bersenjata yang menginfiltrasi pulau dengan menaiki kapal kecil. 300 petugas lainnya menyebar di 16 lokasi berbeda. Pesawat pengintai dan helikopter pun dikerahkan.

Melkinov adalah miliarder misterius pemilik bisnis pariwisata bernama Airiston Helmy yang telah diawasi Finlandia selama bertahun-tahun. Spekulasi agen Rusia diperkuat oleh pernyataan anggota parlemen Finlandia.

“Tak ada alasan komersil (bagi Melkinov) untuk membeli lahan tersebut, tetapi jalurnya penting secara strategis dan signifikansi militernya patut dipertimbangkan,” anggota parlemen Finlandia Tom Packalen.

Uang kontan sebesar USD 5 juta disita oleh pihak berwajib, sementara sang miliarder sendiri tidak berhasil ditahan. Ia disebut memiliki kewarganegaraan Rusia, Latvia, dan Malta. Kejadian ini pun menambah daftar ketegangan antara kedua negara setelah sebelumnya Rusia berlatih perang dekat wilayah Finlandia.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *