Mengungkapkan Kebenaran Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi

Mengungkapkan Kebenaran Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi

NontonBerita.Com Mengungkapkan Kebenaran Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi. Hatice Cengiz, tunangan Jamal Khashoggi, jurnalis yang tewas terbunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, meminta Presiden AS Donald Trump untuk “membantu mengungkapkan kebenaran” tentang pembunuhan wartawan Saudi itu.

“Saya sangat berterima kasih atas solidaritas orang-orang di seluruh dunia. Namun saya kecewa dengan tindakan para pemimpin di banyak negara, terutama di AS,” kata Cengiz Senin malam di London, dalam sebuah peringatan duka kematian Khashoggi, dikutip dari CNN, Selasa (30/10/2018).

“Presiden Trump harus membantu mengungkapkan kebenaran dan memastikan keadilan ditegakkan. Dia seharusnya tidak tidak membuka jalan untuk menutup-nutupi pembunuhan tunangan saya. Mari jangan biarkan uang mencemari hati nurani kita dan mengkompromikan harga diri kita,” tambahnya.

Ucapan Cengiz muncul beberapa hari setelah dia menolak undangan dari Trump untuk mengunjungi Gedung Putih. Cengiz beralasan, iktikad Trump tak murni sebagai bentuk empati, namun, lebih kepada alasan politis jelang pemilu paruh waktu November 2018 nanti.

Cengiz menggambarkan Jamal Khashoggi sebagai “martir untuk suatu tujuan” dan mengatakan dia berharap jasadnya akan segera dikembalikan,

sehingga orang-orang yang mencintainya dapat mengubur pria berusia 59 tahun itu.

“Dia adalah seorang martir bagi perjuangan untuk demokrasi dan kebebasan di bagian dunia kita. Saya ingin mengubur tubuh Jamal saya tercinta, seorang syahid (martir), dengan dikelilingi oleh doa-doa teman-teman dan orang-orang terkasih. Saya ingin tahu : Di mana tubuhnya?” kata Cengiz.

Cengiz juga mengatakan bahwa rezim Saudi “mengetahui di mana tubuh Khashoggi.”

“Saya ingin keadilan dilayani. Tidak hanya bagi mereka yang membunuh Jamal tercinta saya, tetapi bagi mereka yang mengaturnya dan memberikan perintah untuk itu.”

Cengiz menambahkan bahwa dia ingin “peran kepemimpinan politik dalam pembunuhan brutal ini akan terungkap” dan meminta komunitas global untuk membantu menahan “para pelaku dan bos mereka untuk bertanggung jawab.”

“Seharusnya tidak ada yang ditutup-tutupi. Jamal adalah kekasih saya tercinta, tetapi dia juga seorang manusia yang lembut,

seorang pria yang penuh kasih, seorang wartawan dan seorang yang benar-benar percaya dalam demokrasi dan kebebasan di dunia Arab,” katanya.

“Mari kita menuntut keadilan untuk Jamal dan membela cita-citanya,” tunangan Jamal Khashoggi itu menyimpulkan.

 

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *